--> Skip to main content

Sering Salah ketik? Atasi Pakai Cara Ini

Salah Ketik

DWISU.WEB.ID - Penyakit utama seorang blogger adalah salah ketik ketika membuat artikel. Hal ini tidak hanya dialami oleh blogger pemula yang sudah lama pun kerap melakukan kesalahan ini termasuk saya sendiri. Meski saya sudah menjadi blogger selama 9 tahun namun masih tetap saja ada salah ketik. Padahal saya sudah berulang kali mengecek sebelum mempublikasikannya ke blog.


Anehnya dan ini yang bikin kesal seringnya salah ketik atau istilahnya Typo baru saya ketahui setelah saya publikasikan artikel. Kalau pas ketahuan langsung saya edit tapi kadang sudah lama publish baru ketahuan. Meskipun salah ketik ini tidak bagus tapi kalau untuk artikel blog menurut saya tidak masalah karena pembaca akan tahu maksud tulisannya. Tapi akan bermasalah jika artikel saya artikel pesanan atau content placement atau akan di ikut sertakan ke lomba blog.


Kesimpulannya sebaiknya menghindari salah ketik atau typo demi kenyamanan pembaca dan juga agar personal brandingnya bagus di mata pembaca. Sayangnya kalau hanya mengandalkan koreksi tulisan secara manual potensi kesalahannya akan tetap ada. Makanya saya sendiri bisa dibilang sudah pasrah dalam artian yang penting saya sudah berusaha semaksimal mungkin.


Baca Juga : Usaha Jasa Penulisan Artikel Blog Dwi Sugiarto 


Namun sikap pasrah saya tersebut mulai berubah sejak saya bekerja sama dengan teman dimana saya mengirimkan artikel tulisan saya ke teman lalu teman saya mempublikasikan diwebsitenya. Syaratnya saya harus mengirimkan artikelnya melalui Google docs. Otomatis saya harus menulis artikelnya di Google docs.


Nah disinilah wawasan baru saya bertambah karena selama ini saya selalu menulis artikel di Microsoft word. Saya baru pertama kali menulis menggunakan Google docs. Ternyata menulis di Google Docs itu ada fitur cek otomatis mirip dengan fitur cek otomatis yang ada di android ketika mengetik kata.


Jadi misalnya saya salah ketik kata maka akan muncul underline atau garis bawah yang berwarna merah dan jika kata tersebut saya sorot akan muncul koreksinya atau kata yang benar. Dengan cara ini salah ketik bisa ditekan hingga 100%.


Jika sobat akan mencoba berikut langkah-langkahnya :


1.Buka Google Docs 

2.Mulai Dokumen baru dengan meng klik form kosong bertanda +

3.Tulis artikel seperti biasa seperti di Microsoft Word


Asyiknya menulis artikel di Google Docs itu auto save dan media penyimpananya ada di drive Google jadi tidak menghabiskan kapasitas harddisk komputer. Misalkan suatu saat Hardisk komputer saya rusak dokumen tidak akan hilang tinggal masuk lagi ke Google docs.


Untuk lebih jelasnya silahkan tonton videonya di bawah ini :


youtube image

Semoga Bermanfaat!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar